Tutorial Android,Tutorial Pc,Bitcoin,Adsense,Smartphone

Sunday, August 19, 2018

Infrasructure

Unguided Networking Media

Kali ini kita akan membahas Transmisi. Seperti kita ketahui komponen komunikasi data yaitu Transmeter,lucifer dan yang membawa informasi tersebut adalah media.Nah media ini dimana informasi di kirimkan atau di bawa dari pengirim ke penerima pada dasarnya ada 2 kelas yang besar, yang pertama Guided Medium yaitu dimana sinyal listrik yang membawa informasi akan berjalan mengalir melalui suatu media/bentuk tertentu biasanya berupa kabel, nah kabel sendiri kita bisa menyebut nya sebagai kabel tembaga karena terbuat dari tembaga walaupun ada yang alumunium juga tapi kebanyakan terbuat dari tembaga maupun pada sinyal tersebut berupa cahaya media nya kita sebut serat optik, yang kedua adalah Unguided Medium dimana informasi tidak berjalan melalui sesuatu yang berbentuk sesuatu tapi ke segala arah, misal nya kalau melalui udara kita menggunakan gelombang elektromagnetik sedangkan di dalam air walaupun jarang yaitu jika kapal selam maka menggunakan Sonar, Sonar itu berjalan ke segala arah itu yang kita sebut Unguided Medium.Peran pada Transmision Medium ini yaitu membawa sinyal listrik yang sebetulnya adalah representasi daripada informasi menuju ke tempat tujuan nya. nah kalau dari network itu sendiri posisinya adalah penyambung dari Physical Layer.

Perhatikan Juga Gambar di Bawah ini  :

Transmission Media Terbagi menjadi Guided (Wired) dan Unguided (Wireless). Nah pada Wired terdiri dari Twisted-pair Cable , Coaxial cable, Fiber-optic cable , di bagian Wireless terdiri Free Space. Transmisi data sendiri kalau kita lihat secara teknik yang lebih rinci maka kita mengenal Transmisi note yang bagaimana signal informasi dapat di kirim kan secara pararel berarti kita membutuhkan banyak kabel atau banyak saluran untuk menyalurkan informasi tersebut. Dan teknik yang kita kenal yaitu unsinkron dan sinkron. Kemudian Juga pada Transmisi data kita melihat metode transmisinya yang kita sebut dengan nama simpleks , dll. Pararel transmisi semua informasi atau data yang membentuk informasi di kirimkan sekaligus biasanya kita memerlukan paling sedikit sekitar 8 pasang kabel untuk mengirimkan informasi yang 1 bait 1 bait terdiri dari 8 bit dengan kemudian 8 bit itu di kirimkan sekaligus. karaktristik dari Transmisi di tentukan oleh medium yang di gunakan dan kualitas dari signal sendiri. Beberapa hal yang kita wajib pentingkan yaitu Spektrum , Spektrum yaitu frekuensi-frekuensi apa yang dapat di kirimkan yang membentuk sinyal tersebut.

Guided Networking Media

Bahwa telah kita pelajari sebelumnya ada 2 media yaitu Guided dan Unguided kemudian di dalamnya pada guided ada kabel yang terbuat dari tembaga yang kita kenal sebagai Coaxial cable dan kabel untuk menyalurkan informasi yang berupa yang telah di ubah data informasi kita ubah menjadi bentuk cahaya media nya kita sebut dengan serat optik. Kemudian Unguided yang paling banyak kita pergunakan/kita temukan sehari-hari  adalah penggunaan gelombang elektrokmagnetik. Contohnya Smartphone ,dll. Kemudian kita mengenal yang di sebut Coaxial cable dan terdiri dari 2 kabel , yang pertama jika kita buka kabel tersebut.

Perhatikan Gambar Berikut : 

Jika kita buka kabel tersebut di dalam nya ada kabel yang lurus kemudian kabel yang kedua biasanya berupa anyaman. Optical Cable yang kita gunakan untuk mengirimkan informasi dengan signal cahaya agak berbeda dengan Coaxial Cable, Kalau anda mendapatkan Optical Cable tidak di anjurkan untuk mencoba mengupas atau membukanya karena di dalamnya terdapat sesuatu serat optik yang sangat kecil. Tidak di anjurkan untuk membuka Optical Cable. Karena jika masuk ke dalam kulit maka sangat berbahaya kecuali menggunakan alat khusus. 



Pada Gambar berikut merupakan bagaimana cara perambatan dari cahaya dari Optical Fiber ukuran nya sangat kecil sehingga di buat sedemikian rupa. Secara tekhnis optical fiber  kita bisa melihat modenya pada gambar berikut.

Berikut bagaimana bentuk dari cahaya yang merambat. cahaya yang di kirimkan akan mempunyai beberapa di pantulakannya tetapi mempunyai titik maksimum yg berbeda-beda. Nah bentuk dari bagaimana pemantulan tersebut tergantung bagaimana index dari pembuatan serat optik tersebut.
Karakteristik dari optical fiber adalah kapasitas yang besar , ukuran nya kecil , redaman nya sangat kecil sehingga mencapai jarak jauh. Kemudian salah satunya yang sangat penting adalah tidak terpengaruh oleh gelombang elektromagnetik sehingga sinyal/cahaya yang masuk tidak bisa di ganggu oleh gelombang yang lain. Transmisi Unguided yang kita kenal adalah gelombang elektromagnetik, Michael Wave. Michael Wave terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan nya yang kita sebut sebagai multiplexing. Kemudian juga yang anda kenal sebagai Komunikasi 3G, 4G secara tekhnis di sebut spektrum. Berikut bagaimana Popagasi bekerja.

Ground Propagation berarti sangat dekat dengan permukaan bumi, Kemudian ada Sky Propagation lebih tinggi karena gelombang nya di lemparkan dan di pantulkan kembali. Kemudian Line Of Sight propagation jadi perambatan secara lurus dari antena ke antena lainnya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

IBX5A488DBB04EAF

Subscribe Box

Subscribe Here

Sign up here with your email.

Recent

Minima

Contact

Name

Email *

Message *