Tutorial Android,Tutorial Pc,Bitcoin,Adsense,Smartphone

Sunday, August 19, 2018

Network Models

Model OSI

Kali ini saya akan menjelaskan Model OSI? Apa itu Model OSI? Model OSI Adalah suatu dekripsi abstrak mengenai desain lapisan-lapisan komunikasi dan protokol jaringan komputer yang dikembangkan sebagai bagian dari inisiatif Open Systems Interconnection (OSI). Model ini disebut juga dengan model“Tujuh lapisan OSI” (OSI seven layer model). Model OSI menggambarkan bagaimana komputer bisa saling berkomunikasi apa yang harus di lakukan nya. Model OSI nya sendiri khususnya sangat bermanfaat bagi penggolongan dari fungsi-fungsinya yang di lakukan, sedangkan ementasi sendiri di gunakan model TCP IP.

Model OSI Terdiri dari 7 Layer :
1. Physical
2. Data Link
3. Network
4. Transport
5. Session
6. Presentation
7. Application

Perhatikan juga gambar berikut ini :


Untuk masuk ke suatu Layer dari Layer 1 ke Layer lainnya kita mengenal yang di namakan Service Access Point.

Berikut adalah Struktur Service Access Points


Yang bagaimana 1 Layer berkomunikasi dengan Layer yang lainnya , Nah SAP ini yang kita kenal dengan nama interface antar muka , Jadi layer 1 dan layer 2 berkomunikasi dengan Service Access Points, Nah pada Model OSI ini hanya dikatakan sebagai Service Access Points, sedangkan pada TCP IP, SAP ini sudah di definisikan jadi kita bisa melihat sering di sebut namanya kalau ingin Access website maka SAP itu namanya Port 80, physical layer OSI adalah Physical Interface Antar perangkat jadi secara fisik bagaimana 1 perangkat dan perangkat lainnya dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya 











Physical Interface antara lain spesifikasi nya secara mekanik , electrical , fungsional dan prosedural. Sebagai contoh kalau anda mempunyai laptop maka ada terminal yang di sebut terminal Lane , nah itu adalah OSI Layer yang kita kenal dengan nama RJ45.
Kemudian Data Link , Data link bagian yang menentukan apa yang harus di lakukan , bit mana yang merupakan data dan bit mana yang merupakan control. OSI mengatakan bahwa untuk membawa paket dari 1 tempat ke tempat lainnya kita membutuhkan Network Layer. Transpot Mengatur kualitas suara, dan kualitas lainnya. Session layer untuk menjaga suatu sambungan suatu komunikasi agar berjalan dengan baik. Presentation untuk memasuki data dan di hubungkan ke aplikasi. Application merupakan aplikasi yang dapat mengakses suatu data.

TCP IP
Apa sih itu TCP IP? TCP IP adalah implementasi Network/Protocol. Kita juga mengenal yang namanya IOT [ Internet of Things ] kita lihat bahwa segala perangkat dapat berkomunikasi dengan melalui Internet oleh karena itu di sebut Internet of Things. Sebenernya dalam internet penting nya adalah TCP IP. TCP IP di kembangkan oleh DARPA [ Defense Advanced Research Project Agency] Untuk jaringan paket nya di sebut ARPANET. ARPANET Merupakan Jaringan-Jaringan lembaga penelitian untuk Lembaga Penelitian Pertahanan Amerika. Dan di buka menjadi namanya Internet.

Perhatikan Gambar Berikut : 

Layer yang pertama sama dengan OSI yaitu Application, Layer berikutnya kalau pada OSI Presentation maka di TCP/IP kita kena dengan nama Transport Layer, Layer berikutnya kita kenal sebagai Internet Network Layer atau lebih kita kenal sebagai IP, Jadi pada TCP/IP di sebut Network. Kemudian kita mengenal Network Access Layer pada OSI lebih di kenal sebagai data link layer. pada TCP/IP Application Layer tapi juga sebagaian dari Presentation Layer ada di Application Layer. Physical Layer sama adalah physical interface antara perangkat data transmisi dan si komputer itu sendiri. merupakan spesifikasi cara mechanical , electrical , fungsional dan prosedural. Kemudian Network Access Layer merupakan Layer dimana terjadi pertukaran data adanya access, kemudian adanya spesifikasi dari perangkat mana yang di tuju melalui destination address, atau di kenal med address. Kemudian Internet Layer merupakan layer yang bertugas menentukan rute mana yang di tuju hingga sama ketujuan nya. Transport Layer untuk menentukan IP mana yang mau di tuju, untuk mengetahui alamatnya di perlukan IP Address. Dan perangkat itu sendiri juga mempunyai Address untuk menentukan apakah di network nya sudah benar atau salah. nah di dalam transport layer terjadi adalah mengirimkan informasi menuju ke aplikasi tanpa ada kesalahan. Ada 1 macam transport yang kita kenal sebagai UTV. UTV bertugas untuk mengirim paket dengan cepat ke tujuan nya. Dan Kita Juga melihat Application Layer , Application Layer merupakan bagian dimana aplikasi aplikasi kehendaki misalnya email, dll itu adalah aplikasi yg kita kenal.

Address Terbagi menjadi 3 bagian yaitu :

1. Physical Address Setiap komputer/perangkat yang mau masuk jaringan TCP/IP harus mempunyai      Physical Address
2. IP Address di network manakah perangkat kita itu , Kita juga bisa memindahkan mau di                      sambungkan ke network mana perangkat tersebut.
3. Kemudian Port Address untuk menentukan aplikasi mana yang mau kita hendaki,kalau email              mempunyai port tertentu dan setiap aplikasi mempunyai port tertentu.
Share:

0 comments:

Post a Comment

IBX5A488DBB04EAF

Subscribe Box

Subscribe Here

Sign up here with your email.

Recent

Minima

Contact

Name

Email *

Message *