Tutorial Android,Tutorial Pc,Bitcoin,Adsense,Smartphone

Thursday, August 16, 2018

Pengenalan Komunikasi


Komunikasi adalah yang berkaitan transmisi dan informasi melalui berbagai macam media atau bisa di sebut teknologi yang mengirimkan berita atau data-data.


  Telekomunikasi merupakan penyaluran untuk melewati jalan yang sangat jauh

Struktur Comunication System Diagram :
Signal Source adalah Sumber Dari Informasi atau Sumber Sinyal.
Conversion of signal adalah Konversi Sinyal.
Transmitter Adalah Pemancar Sinyal.
Receiver Adalah Penerima Sinyal.
Conversion to Original Form Adalah  Konversi ke bentuk asli.
Destination Adalah Tujuan User.

KOMPONEN-KOMPONEN DASAR KOMUNIKASI :
1. Signal Source
2. Converter
3. Transmitter
4. Link Or Media
5. Network
6. Signaling
7. Receiver
8. User

Sumber informasi dapat berbentuk Audio, Gambar, Video Maupun Text dan Data. Dan Membutuhkan System yang bernama TransUser.
TransUser Adalah Suatu System yang mengubah bentuk asal dari informasi tersebut .
Dengan kata lain kalau audio menggunakan mikrofon. Ada berbagai macam yang kita kenal yaitu yang terbanyak adalah Wireline atau kabel kemudian kita juga melihat dimana penggunaan ini menggunakan sinyal optik. Komponen terpenting adalah Lucifer , Lucifer untuk mengambil informasi dari sinyal sidik dan di kembalikan ke bentuk semula , kalau awalnya adalah suara maka di kembalikan jadi suara lagi. Ataupun Gambar menjadi Gambar walaupun suara belom tentu oleh lucifer  di kembalikan menjadi suara lagi, Tergantung dari User, User ini menggunakan suara tersebut menjadi bentuk cahaya maka bisa di lihat seperti lampu. Alat yang di gunakan Lucifer biasanya adalah emulator , dan lainnya. Kemudian mengembalikan sinyal listrik dari lucifer menjadi bentuk yang bermanfaat bagi si penerima. Kita perlukan Juga dan perlu kita pahami bahwa dengan komponen komponen tersebut dengan adanya berbagai macam informasi maka kita mengenal Layanan Komunikasi yang paling terkenal adalah Voice Communication
Contoh : Radio, Broadcast, Telepon ,itu merupakan Voice Communication. Yang terpenting adalah suara , Seperti suara kita , music , merupakan komunikasi yang paling besar dan paling utama dalam pertukaran informasi
Penjelasan Struktur :
Communication Systems Teknik yang  pertama melalui Analog , Communication  Bisa melalui Wired, Hybrid , Wireless. Dan teknik ke 2 melalui Digital ,  Dan Communication Juga bisa melalui Wired, Hybrid , Wireless.
           
 Berikut adalah  Telecommunication Systems :


Data Communications
Data Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat, seperti komputer /laptop/printer dan alat komunikasi lain), Yang terhubung dalam sebuah jaringan . Baik lokal maupun yang luas , Seperti Internet. Telekomunikasi merupakan teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Menggunakan Telekromagnetik untuk ke tempat tujuan nya.

Apa yang di sebut Network?
Network merupakan enter koneksi dari titik-titik yang akan berkomunikasi, biasanya dengan cara switching.

Source :
- Generate data signal for transmission.
- Convert data signal to suitable form for transmission medium.

Transmission System :

- Carry the data signal

Receiver :

- Convert the received signal to data.
- Received data understanding.


Perhatikan Model Data Communications di bawah ini.



Sumber Informasi Seringkali berupa text lalu kekhususan yang lain dari data komunikasi adalah data tersebut di ubah menjadi bentuk data digital jadi pulsa dan pulsa-pulsa itu  di berikan kepada transmitter dan menjadi signal yang dapat di mengerti oleh awakan nya, Jadi kalau itu adalah serat optik maka signal transmitter itu berupa cahaya yang membawa informasi tersebut. Jika penerima mengembalikan signal tersebut maka akan bentuk ke semulanya.

Karakteristik Komunikasi Data :
Fasilitas komunikasi data harus mempunyai kemampuan untuk memberikan transmisi kecepatan tinggi untuk berkomunikasi dengan berbagai macam komputer secara efisien,secara ekonomi, dan khusus nya secara hendak.

Jenis-Jenis Jaringan Komunikasi Data :
1. Jenis Komuniksai Data Melalui Infrastuktur Terestrial
Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya sehingga membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastuktur jenis ini.
2. Jenis Komunikasi Melalui Satelit
Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan dengan menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicangkup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial, namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi.Komunikasi data juga memiliki beberapa komponen, dibawah ini merupakan contoh dari komponen komunikasi data.
Macam-Macam Network :
1. Local Area Network [LAN]
 Local Area Network atau jaringan area lokal adalah bentuk jaringan atau network yang paling sederhana. Kecepatan transfer data melalui jaringan area lokal ini dapat mencapai hingga 10 Mbps (seperti FDDI atau Gigabit Ethernet). Sebuah jaringan area lokal dapat mencapai sebanyak 100 atau bahkan 1.000 pengguna. 
2. Metropolitan Area Network [MAN]
 MAN (Metropolitan Area Network) menghubungkan beberapa LAN yang secara geografis, dekat satu sama lain (sampai beberapa kilometer) dengan kecepatan tinggi. Dengan demikian, MAN memungkinkan dua rangkaian remote berkomunikasi seolah-olah keduanya adalah bagian dari jaringan area lokal yang sama. Jaringan MAN dibuat menggunakan switch atau router yang terhubung satu sama lain dengan kecepatan tinggi (biasanya memakai kabel serat optik). 
3. Wide Area Network [WAN]
 WAN (Wide Area Network atau jaringan yang diperpanjang) menghubungkan beberapa LAN satu sama lain dalam jarak geografis yang luas. Kecepatan WAN sangat bervariasi, tergantung kepada biaya koneksi (yang meningkat seiring jarak yang dicapai). WAN beroperasi menggunakan jaringan router, yang dapat menentukan jalur paling tepat secara otomatis agar data dapat menghubungkan rangkaian jaringan

Apa itu Network?,Network pada dasar nya enter koneksi antar titik-titik yang ingin berkomunikasi. Teknik penyambungan ada 2 macam, yang pertama yaitu circuit switching , Circuit Switching adalah penyambungan tradisional jadi selama percakapan saya mendapatkan sambungan khusus atau media khusus antara saya dan penerima saya. dan yang kedua yaitu Packet Switching, Packet Switching adalah metode komunikasi jaringan digital yang ditransmisikan kelompok semua data – terlepas dari konten, tipe struktur, atau – menjadi blok-blok berukuran yang sesuai, yang disebut paket . Fitur-fitur switching paket pengiriman variabel-bit-rate data stream (urutan paket) melalui jaringan bersama. Ketika melintasi adapter jaringan, switch, router dan lainnya node jaringan , paket buffer dan antri, mengakibatkan keterlambatan variabel dan throughput yang tergantung pada beban lalu lintas dalam jaringanKemudian ada teknik penyambungan, yang pertama switch, switch artinya saya di sambungkan apabila di perlukan, non switch artinya informasi itu saya tidak akan di buatkan sambungan ke A-B tetapi sekedar semua di kirimkan nanti informasi itu akan mencapai ketempat tujuan.
Computer Network kita bisa melihat dari struktur point to point, multi point, bass, start, three, ring. itu adalah bagaimana cara membuat jaringan tersebut. point to point yaitu titik A menuju titik B, Bass yaitu Komputer adalah suatu jalur kemudian semua komputer di gantungkan/di sambungkan ke jalur tersebut. Start yaitu dari satu pusat kemudian kita sambungkan pusat tersebut. Network sendiri formatnya yang pertama yang kita kenal adalah Local Area Network [LAN] jadi jaringan yang jangkauan nya terbatas, Wide Area Network [WAN] apabila kita keluar dari bangunan menuju ke tempat tetangga atau kota lain maka itu kita harus menggunakan Wide Area Network [WAN]. Untuk beberapa tempat kita mengenal Metropolitan Area Network [MAN]. Kemudian Network sendiri kita kenal sebagai Open Sistem dan Close Sistem . Close sistem sebetulnya adalah sistem yang tradisional dan dapat di katakan sudah jarang kita temukan dan yang sering kita temukan adalah Open sistem yaitu yang kita kenal sebagai Internet. Kombinasi komputer Network tentunya ada cara mengendalikan sambungan yang pertama yaitu contension itu rebutan yang kedua central control atau pengendalian terpusat. Agar dapat berkomunikasi secara teratur maka ada Protocol, Protocol itu adalah aturan bagaimana komputer saling bisa berkomunikasi, Supaya komputer bisa saling berkomunikasi maka kita menggunakan standart protocol, ada 2 macam standart yaitu OSI Model dan Model TISIPI IP. Protocol TISIPI IP itu yang di gunakan internet , karena itu menjadi sebab mengapa semua komputer dengan mudah bisa kita berkomunikasi 1 dengan yg lain baik dengan komputer yang kita sebut server. maupun user begitu pula dengan smartphone masih bisa saling berkomunikasi dengan komputer karena ada Standart protocol TCP IP.


Share:

0 comments:

Post a Comment

IBX5A488DBB04EAF

Subscribe Box

Subscribe Here

Sign up here with your email.

Recent

Minima

Contact

Name

Email *

Message *